Jenis Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jenis Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jenis Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa – Kewajiban seoarng mahasiswa adalah menuntut ilmu hingga gelar sarjana di dapatkan. Namun jika Anda diberi uang bulanan yang kurang, pastilah Anda harus mencari tambahan uang makan selama sebulan. Belum lagi untuk Anda yang berjuang sendiri membiayai kuliah Anda. Pasti harus banting tulang untuk mencarinya tiap semester.
Tapi tenang saja, ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan untuk mahasiswa. Yang jelas pekerjaan ini tidak akan mengganggu jadwal kuliah karena part time (setengah hari). Dengan begini mahasiswa tidak perlu khawatir akan jam kuliah dan kerja serta biaya bulanan yang dapat ditutupi dari hasil kerja sampinganya.

Jenis Kerjaan Freelance Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1.      Guru Privat

Selain mencari uang, tidak ada salahnya jika motivasi Anda untuk bekerja adalah untuk berbagi ilmu yang Anda punya. Kalau Anda adalah mahasiswa dari jurusan MIPA, Anda dapat menawarkan jasamu jadi guru privat untuk anak-anak SMA. Atau Anda punya kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Kenapa tidak coba melamar kerja di tempat kursus bahasa asing atau guru les bahasa asing untuk anak-anak sekolah?

2.      Reporter atau Kontributor

Jika Anda kuliah di jurusan jurnalistik, atau Anda mempunyai minat di dunia jurnalistik, Anda dapat mencoba pekerjaan sebagai free lancer reporter atau kontributor. Dan banyak media cetak atau elektronik nasional yang membuka lowongan part time bagi mahasiswa yang mau untuk jadi reporter atau kontributor di daerah kecil. Tugas Anda adalah membuat berita mengenai kondisi di daerah tempat tinggal Anda.

3.      Proofreader

Tugas seorang prooofreader adalah mengecek atau mengoreksi naskah yang menyangkut keseragaman bahasa, mencari kesalahan penulisan dan juga mengecek EYD. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa Penddikan Bahasa, Ilmu Bahasa , Sastra, atau Jurnalistik. Bekerja sebagai proofreader adalah pekerjaan yang bersahabat untuk mahasiswa, karena jam kerjanya sangat fleksibel. Anda juga diperbolehkan untuk bekerja di rumah atau kosan.

4.      Penyiar radio

Banyak penyiar radio terkenal yang ternyata masih berstatus mahasiswa. Bekerja menjadi penyiar radio juga tidak mengharuskanmu memiliki gelar sarjana. Jika Anda penggemar setia radio, dan Anda punya kemampuan baik untuk bercakap-cakap, jangan ragu untuk mencoba menjadi seorang penyiar radio.

5.      Penulis Lepas

Menjadi seorang penulis lepas tidak menyita banyak waktu Anda kuliah dan belajar Anda. Anda bisa cari-cari info tentang lowongan penulis lepas, banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis artikel sesuai dengan pesanan. Jangan takut untuk mencoba melamar ke beberapa website media online, namun pertama tanyakan dulu apakah terdapat lowongan untuk penulis paruh waktu.

Nah itu dia beberapa jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa. Yang harus Anda perhatikan juga adalah Anda harus pintar mengatur waktu Anda, kapan harus belajar, kapan harus belajar.


advk

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top