Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Bisa Sukses

Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Bisa Sukses

Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Bisa Sukses - Bisnis waralaba atau lebih dikenal dengan bisnis franchise semakin tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia. Ada banyak jenis bisnis franchise yang dapat ditawarkan kepada para investor, mulai dari kuliner, mini market, cafe, hingga restaurant. Bisnis waralaba atau Franchise ini memang menarik untuk mereka yang menginginkan penghasilan tambahan disamping dari gaji bulanan.
Sebelum Anda membuka waralaba ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha waralaba Anda ini sukses dan mendapatkan keuntungan yang besar. Jika Anda tertarik usaha waralaba ini, Anda dapat menyimak ulasan berikut mengenai tips membuka usaha waralaba.

Tips Membuka Usaha Waralaba Agar Bisa Sukses

1.      Tentukan Minat dan Passion Anda

Dalam berbisnis, Anda tentunya harus menyesuaikan pilihan investasi Anda pada bidang usaha yang Anda minati dan kuasai, baik dari segi pengetahuan, target pasar dan juga rencana promosi serta pengelolaannya. Menjalankan bisnis haruslah dapat dinikmati sebagai bagian dari aktifitas yang menyenangkan dan juga dapat menjadi wadah untuk menuangkan ide – ide kreatif yang selama ini tidak bisa Anda ekspresikan saat bekerja di perusahaan tempat kerja.

2.      Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang Dipilih

Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan franchise yang bisa anda jadikan berinvestasi, dari yang paling kecil modalnya sampai yang paling tinggi. Tapi, perlu anda pahami bahwa tidak selamanya kesuksesan berbisnis di bidang ini ditentukan oleh besar kecilnya modal yang digunakan, akan tetapi lebih ditentukan oleh kreatifitas dan juga inovasi. Maka dari itu, cobalah untuk menentukan jenis usaha yang berbeda, yang jarang ditemui sekaligus dibutuhkan.

3.      Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise Dengan Seksama

Pada saat memilih franchise Anda harus memepertimbangkan hal seperti masalah fee, biasanya setiap franchisor memiliki aturan yang berbeda - beda dalam hal pembagian fee. Nah, agar tidak merasa dirugikan pada akhirnya, sebaiknya Anda harus lebih teliti dalam mempelajari sistem pembagian feenya. Pelajari juga, indikasi dan kemungkinan franchisor untuk mengubah kebijakannya sewaktu waktu, karena biasanya, franchisor akan melakukan evaluasi terhadap kebijakan pembagian royalty. Intinya, Anda harus ekstra teliti sebelum memutuskan untuk memilih jenis franchise yang nantinya akan Anda pilih.

4.      Persiapkan Lokasi Usaha yang Strategis

Pertimbangan tempat usaha haruslah disesuaikan dengan jenis usaha, target pasar dan potensi bisnisnya. Contohnya Anda memilih untuk membuka café, biasanya target pasarnya adalah mahasiswa atau karyawan. Dari situ, memilih lokasi café didekat kampus dan kawasan perkantoran adalah menjadi keputusan yang tepat. Jadi dengan kata lain, tentukanlah lokasi bisnis yang sesuai dengan target bisnis, kebutuhan Anda dan konsumen bisnis Anda.

Itulah empat tips untuk Anda yang tertarik membuka bisnis waralaba. Teliti dan melakukan perencanaan yang detail juga harus dilakukan oleh Anda agar bisnis Anda sukses.




advk

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top